Rabu, 23 April 2014

5 Permainan yang identik dengan Masa Kecil





5 Permainan yang identik dengan
Masa Kecil

 


Hoi/? Sekarang Gua udah punya jadwal ngeblog supaya bisa rutin, yaitu hari rabu dan sabtu, dan insya allah juga Gua bakal tepat waktu ngeposting disini.
Okeh/? Kali ini Gua mau bernostalgia dengan masa kecil lagi nih, setelah dengan jajanannya yang bisa dibaca disini sekarang nostalgia dengan permainannya. Ini sih berdasarkan pengalaman masa kecil Gua aja nih ya.
1.      Ular Naga
Gua sih nyebutnya ular naga, mungkin kalian nyebutnya beda lagi. Permainan ini harus dilakukan oleh banyak orang, dua orang diantaranya harus menjadi terowongan, dua orang tersebut biasanya menyatukan kedua tangan mereka, lalu mengangkatnya untuk membentuk terowongan. Sebenernya ini mungkin bisa jadi cara buat deketin gebetan,
main bareng anak kecil kemudian satukan kedua tangan lu dengan doi kemudian bersenang – senanglah *plak. Oke lupakan cara konyol nan absrud itu, kembali ke topik.
Anak anak lain yang gak jadi terowongan bakal membentuk kereta buat masuk ke terowongan. Nah, kenapa mainnya kereta – keretaan tapi permainannya Gua sebut Ular Naga? Karena lagu yang dipake ada ular naga – ular naganya gitu.

 sumber : disini


2.      Taplak Meja
Entah apa namanya didaerah lu, tapi di daerah gua sih ya, nyebutnya taplak meja, entah darimana nama itu berasal yang penting masa kecil Gua bahagia. Cara mainnya dengan menggambar taplaknya dengan bentuk seperti ini
sumber : paint lepi Gua
Lalu lempar batu yang pipih ke kotak pertama dan seterusnya, kemudian main dengan satu kaki dan gak boleh kena garis.
sumber : disini

3.      Gerobak Sodor (Galasin)
sumber : disini
Gua lebih nyebutnya sih Galasin, mainnya bisa pake lapangan bulu tangkis yang udah tersedia garisnya. Pemain harus melewati penjaga yang ada di garis tersebut buat sampe ujung dan balik lagi dengan selamat tanpa ada angota yang kena tangan penjaga.
Dulu sih Gua jagonya main beginiian, SD Gua dulu satu komplek sama SD lain, kita sering ngadu Galasin, bukan adu domba bukan. Dan biasanya juga permainan berakhir dengan kemenangan pada tim Gua, kadang bisa bantai abis *bahasaapacoba-_- skor akhir bisa mencapai 3 – 0 atau enggak yang paling membanggakan 12 – 0 *seingetua.

4.      Kelereng
Mainan yang paling maenstream disetiap daerah, Gua kurang tau mainnya, biasanya mainan ini dimainin sama anak laki – laki, temen kecil Gua dulu juga cowok semua, Gua taunya cara mainnya buat lingkaran kemudian kumpulin kelereng di dalem lingkaran, pemain harus nyentil kelereng miliknya ke kelereng yang ada di lingkaran tersebut, kalo ada kelereng yang keluar itu jadi miliknya, bener gak sih? Gua kurang tau juga soalnya.
sumber : disini

5.      Petak Umpet
Permainan ini menurut Gua permainan yang paling luar biasa. Kenapa? Kapan lagi pas main, yang lagi jaga nyariin, Gua bisa ngaso di dalem rumah sambil minum es teh tanpa ketauan. Mungkin permainan ini juga permainan yang paling sering dimainin anak – anak, Gua dulu juga pernah mainin ini malem – malem, sampe para orang tua menghentikan permainan dengan cara yang mengerikan. Banyangin aja lu lagi main begituan terus di takut – takutin dengan mitos kalo main petak umpet malem – malem bakal di culik setan-_-
sumber : disini
Cara mainnya gampang, cukup hompimpa/? Kemudian yang kalah jaga, yang lain ngumpet deh.

Segitu dulu postingan dari Gua, kalo ada waktu lain kali Gua bikin lanjutannya, dan semoga kalian inget sama permainan diatas, inget sama siapa kalian mainin permainan tersebut, dan kejadian – kejadian unik saat main permainan tersebut. 

Sekian~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank's udah luangin waktu buat baca artikelKUTU. "Pembaca yang baik adalah penbaca yang dapat memberikan komentar". pepatah jepang mengatakan "satu perkataan baik dapat menghangatkan dua musim dingin" jadi berkomentarlah yang baik dan sopan. tanpa pembaca yang berkomentar blog ini bukanlah apa - apa. ~salam GAmartia (@GalihAmartia)